Minggu, 08 Juni 2008

Bertumbuh di Masa Sulit

Masa sulit bukanlah akhir cerita. Ini hanyalah suatu episode dari alur cerita. jika kita tidak mengingat hal ini, kita hanya membuka diri terhadap kekecewaan dan keputusasaan.

Semua orang besar telah melewati masa-masa sulit. Mungkin mereka hidup di masa perang atau pada masa depresi keuangan, atau krisis pribadi yang membuat kehidupan mereka kelihatannya pada saat itu tidak ada yang menyenangkan. Ketika kita melihat kehidupan orang-orang ini secara keseluruhan, kita akan dapat melihat siklusnya, antara naik dan turun, keberhasilan dan kegagalan.

Jika sesuatu menimpa kehidupan pribadi kita, sangatlah mudah untuk kehilangan pandangan akan adanya siklus dari segala sesuatu. Masa-masa sulit menjadikan kita dengan mudah melupakan hal-hal tertentu. Khususnya jika kita menghadapi kesulitan yang menumpuk, masalah kuliah dengan masalah keuangan, masalah pasangan dengan pekerjaan, atau masalah kesehatan yang disertai dengan masalah keuangan. Kita cenderung untuk melupakan bahwa kita telah pernah melewati masa-masa sulit sebelumnya. Kita selalu dapat melewatinya, dan kadang-kadang kita yang menjadi pemenangnya.

Ketika sedang menghadapi masa-masa sulit, terima hal itu sebisa mungkin dengan memahaminya sebagai bagian dari siklus hidup yang ada, bagian dari sesuatu yang lebih besar. Mencari dukungan yang kita butuhkan saat mengalami masa sulit. Bertindak sesuai kemampuan untuk menjalaninya. Berdo'a kepada Allah agar diberi ketabahan dan semangat untuk terus maju. Dan kita pun dapat memandang awan gelap sebagai semburat keperakan, bahkan jika lembaran keperakan itu hanya terlihat setipis garis saja. Untuk segala perubahan yang mengganggu kita memiliki, ingat bahwa perubahan memang akan selalu ada, dan memiliki harapan adalah sikap yang tepat.

Teruslah berusaha. Karena yang menunjukkan siapa diri kita bukanlah kemampuan kita, akan tetapi yang menunjukkan siapa diri kita adalah pilihan kita.

Label:

2 Komentar:

Pada 27 Juni 2008 pukul 03.05 , Blogger Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,,

tulisannya bagus

semoga kita bukan menjadi bagian dari masalah tapi menjadi bagian dari solusi ya :)

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 22.34 , Blogger Mudlfiroh mengatakan...

Thanks for the comment ya..^_^

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda